Jumat, 05 Juni 2009

Hammy

Berawal dari sekedar liat2 aja hamster punya sepupu gw. Lucu dan menggemaskan melihat tingkah laku binatang kecil tersebut, sampai akhirnya sang nyokap yang notabene adalah tante gw menawarkan hamster punya sepupu gw itu. Alasannya karena hamster biangnya terlalu semangat bikin anak hehehe....dan lagi kandangnya juga dah ga memadai. Akhirnya setelah berunding dengan abang, qta setuju untuk mengadopsi ketiga hamster tersebut. Lucunya, walaupun mereka berasal dari induk yang sama tapi secara fisik (terutama bulunya) ketiga anak hamster tersebut sangat2 berbeda.

Yang pertama dan paling besar badannya berwarna abu2 (bagian punggungnya) dengan garis hitam memanjang (ini kayaknya ciri khas jenis campbell) dan bulu bagian sampingnya berwarna coklat. Qta panggil dy 'GENDUT', karena emang bodynya yang gede banget dibandingkan 2 saudaranya. Yang kedua berwarna hitam pekat (banyak yg bilang namanya BLACKBEAR), seluruh bulunya berwarna hitam, tetap dengan garis di punggungnya.
Yang terakhir dan badannya paling kecil, seluruh bulunya berwarna putih.

Tante gw kasih kandang kecil untuk ke-3 hamster tersebut. Tapi ternyata setelah 1 minggu qta liat, kayaknya mereka tersiksa banget dengan kandang kecil itu, secara makin lama mereka juga makin besar jadi kandang itu ga memadai banget lah.

Akhirnya qta coba cari2 kandang yang lebih besar tapi ternyata harga kandang hamster mahal. Untuk kandang hamster yang dilengkapi rumah, mainan dan rumah (ada tangganya) aja harganya bisa hampir 200 ribu. Coba cari2 kandang second lewat internet tapi ternyata susah juga karena banyak peminatnya jadinya kandang cepat terjual. Tapi akhirnya ketemu juga 1 situs yang nge-jual hamster sekaligus perlengkapannya, termasuk kandangnya. Gw sama abang langsung tertarik dengan kandang 3 lantai yang lengkap dengan mainan, tempat makan, tempat minum dan rumah untuk hamsternya. Harganya....termasuk murah dibandingkan di tempat2 lain 'cuma' Rp. 110.000 (thank's to mas Rahmat yang dah supply kandang buat qta).

Awalnya para hammy mungkin bingung dengan kandang baru mereka. Bahkan untuk naik aja mereka ga bisa. tapi berkat latihan dan kesabaran (juga insting kali ya..) mereka akhirnya bisa memanjat tangga terebut. Tapi ada masalah baru.... mereka ga bisa turun lewat tangga...dan dengan berani (atau nekat??) mereka lompat, padahal jaraknya lumayan jauh.

Para hammy ini lucu banget...kadang mereka bercanda diantara mereka. Kadang mereka berebut untuk naik dalam railing mainan mereka. Mereka juga suka banget sama biji bunga matahari, tapi dari beberapa sumber yang qta baca ternyata biji bunga matahari sendiri kurang baik untuk hammy karena bisa menyebabkan obesitas. Jadi untuk makanan hammy ternyata juga perlu diperhatikan...bahkan qta juga baru tahu kalo hammy bisa terkena diabetes (wow!!! baru tau kan?).

Mengetahui hal ini, akhirnya qta membeli makanan hamster yang sudah di packing. Isinya campuran biji-bijian dan pelet. Pelet ini (kata penjualnya sih..) berguna untuk gigi si hammy.

Untuk kandang, alasnya diberi serbuk kayu supaya hammy merasa nyaman. Selain itu bisa juga untuk menyerap air (air minum ataupun pipisnya hammy). Untuk kandang, qta bersihin 2-3 hari sekali. Paling lambat seminggu sekali, tapi itupun kalo lagi bener2 sibuk.

O iya, gw paling suka kalo liat mereka lagi bersihin bulu mereka di pasir. Untuk pasir sengaja qta beli yang wangi dan zeolit. Pada waktu penggunaan, kedua pasir ini qta campur, karena kata si penjual kalo pasir wangi mengandung antiseptik yang bisa membunuh kutu2 si hammy tapi kalo qta liat, hammy sendiri lebih suka pasir zeolit yang butirannya lebih kasar. So..untuk menyelesaikan masalah ini, kedua pasir tersebut qta campur.

Pada waktu mereka 'mandi' pasir, mereka akan berguling-guling sambil menggosok-gosokkan punggung mereka di pasir. Menurut gw...itu sangat lucu....

Hammy ini bener2 hiburan buat qta. Sehabis cape di kantor, stres dengan kerjaan, terus lihat tingkah polah mereka...bener2 refreshing. Mereka sangat lucu dan imut. Hammy ini juga ga terlalu ribet dalam pengurusannya. Apalagi untuk qta yang masih tinggal di kontrakan, secara ga bisa punya peliharaan seperti yang qta mau (gw pengen banget pelihara anjing), hammy ini alternatif utama untuk orang2 yang pengen punya binatang peliharaan.

Tidak ada komentar: